Campus Note

Catatan Kampusku, biar ga beli buku lagi jadi bisa mencegah global warming, hehehe…

Copywriting (first meet)

Copywriting  merupakan sebuah pekerjaan periklanan.

Advertising Agency (Biro Iklan) adalah suatu organisasi usaha yang memiliki keahlian untuk merancang, mengkoordinasi, mengelola dan memajukan merk, pesan atau komunikasi pemasaran atas nama pengiklan dan dapat imbalan atas layanan tersebut.

Struktur Organisasi Secara Umum

Struktur organisasi secara umum pada perusahaan biro iklan

note : bagian kiri pada bawah direksi merupakan bagian operasional, dan pada bagian kanan merupakan bagian non operasional

Alur kerja Advertising Agency

1. Client

Client memberikan Brief Agency berisi antara lain latar belakang dan tujuan yang ingin dicapai client.

2. Client Service

Hasilnya di olah oleh Client Service Department bersama dengan creative director.

3. Tim Kreatif (Creative Team)

tim kreatif mengembangkan konsep dan mengali ide untuk iklan. Disinilah Copywriting dimulai.

jadi dapat kita simpulkan,

Copywriting adalah seni atau keterampilan menulis naskah berisi pesan iklan, promosi, untuk menarik minat konsumen pengguna jasa atau barang. Sedangkan orang yang membuat copywriting disebut dengan copywriter.

Cirikhas yang membedakan copywriting dengan menulis :

  • Selalu mengarah ke periklanan.
  • Identik dengan teks untuk kepentingan iklan.
  • Copywriting memiliki kedalaman makna secara harafiah dan psikologi.
  • Mengenal perpaduan gaya bahasa faktual dengan imajinasi.
  • Harus mampu memberikan nilai lebih pada produk jasa yang diiklankan.
  • Aspek emosional seringkali diutamakan dibanding rasional.
  • Harus bertanggung jawab dari sisi aspek hukum.

Sebuah copywriting disusun berdasarkan siapa yang hendak menerima pesan, target pasar (demokrasi, psikografis, behavior, geografis), kesesuaian bahasa, dan kalimat pada target audience (penerima pesan).

Tujuan Copywriting :

  • Membentuk perilaku pembeli.
  • Terpenuhinya pesan penjual.

Untuk mencapai tujuan, maka copywriting harus dapat :

  1. Menggugah
  2. Informatif
  3. Persuasif
  4. Bertenaga gerak
  5. Memiliki penyelesaian akhir

Lingkup Kerja Copywriting :

Modal dasar seorang Copywriter

  • Wording Power
    Memiliki kemampuan untuk menciptakan kata atau kalimat yang mampu memberi nilai pada hal yang ditawarkan. Hal ini berkaitan dengan bakat tapi bisa dipelajari.
  • Conceptual Thinkting
    Kemampuan berpikir secara konsep adalah sesuatu yang tentu saja bisa dipelajari.
  • Creatives / Ideas
    Kemampuan untuk melahirkan ide-ide segar, belum pernah ada sebelumnya dan berbeda dengan yang lain. Hal ini karena bidang periklanan dipercaya sebagai bisnis penjualan ide.

 

Modal pendukung menjadi copywriter

  • Teamwork
    Mampu menjadi team player yang baik.
  • Work Attitude
    Periklanan bisa dibilang dunia yang memadukan antara seni dan bisnis dalam tekanan yang seimbang.
  • Presentation Skills
    bukan saja ide yang briliant, namun juga presentasi yang briliant yang dicari client

 

One response to “Copywriting (first meet)

  1. uyaa nguyak Februari 18, 2011 pukul 3:40 am

    Van,
    sSing ngidang ngejang file2 .ppt dini??
    Pang ngidang download timpal2 ane sing ngelah materi. . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: